tugas-pokok-dan-fungsi-guru

Tugas Pokok dan Fungsi Guru (TUPOKSI)

Guru adalah sosok yang sejatinya digugu dan ditiru. Serupa dengan profesi lainnya, guru juga memiliki tugas pokok dan fungsi tersendiri.

Sebelum melangkah lebih jauh, tentu diperlukan pemahaman tentang tugas dan fungsi itu sendiri.

Keduanya ini umumnya memiliki makna yang serupa, tetapi secara rinci memiliki defenisi yang berbeda.

Pelajari lebih jauh tentang Tugas dan Fungsi yang sudah dijelaskan pada halaman sebelumnya.

Apa Itu Tugas Pokok dan Fungsi Guru

Tugas Pokok dan Fungsi yang biasa disebut sebagai Tupoksi merupakan rincian tentang apa saja yang harus dilaksanakan guru dalam menjalani keprofesiannya.

Hal ini bersifat lebih rinci, dimana guru itu merupakan person yang mengajar di kelas.

Berkaitan dengan hal ini, tugas dan fungsi guru akan lebih diarahkan pada proses pembelajarannya.

Mulai dari perencanaan (sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar) hingga pada evaluasi hasil pembelajaran.


Jenis Tugas Pokok dan Fungsi Guru

Ada beberapa tupoksi guru dalam kegiatan belajar mengajar yang perlu diketahui. Adapun yang dimaksudkan itu antara lain sebagai berikut:

1. Menyiapkan Rencana Pembelajaran

Hal ini merupakan hal yang wajib bagi seorang guru. Tentunya dalam mencapai tujuan pembelajaran, seharusnya mempersiapkan dari perencanaan yang matang.

Rencana pembelajaran dapat beragam, seperti RPP, Program Mingguan, Program Semester, dan lain sebagainya.

2. Menyiapkan Media Pembelajaran

Media pembelajaran adalah hal yang tidak kalah pentingnya dalam kegiatan belajar siswa. Tanpa media yang baik, maka kualitas pembelajaranpun akan dikhawatirkan.

Media pembelajaran tentunya dibuat oleh sang guru. Dalam hal ini, diberi wewenang kebebasan bagi guru untuk mendesain pembelajarannya.

3. Melakukan Kegiatan Pembelajaran

Guru yang tidak melakukan kegiatan pembelajaran bisa saja mendapatkan teguran dari petinggi di lembaganya. Bahkan yang lebih parahnya, bisa juga berdampak pada pemecatan.

Oleh karenanya, ini menjadi tugas guru yang wajib dilaksanakan oleh guru. Jalankanlah kegiatan pembelajaran sebaik mungkin dengan mengikuti aturan yang ada.

4. Melakukan Evaluasi

Evaluasi biasanya diterapkan di akhir sebuah kegiatan. Begitu pula halnya dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam hal ini, guru melakukan evaluasi terhadap hasil belajar siswanya. Mulai dari memeriksa hasil ujian mereka, atau bahkan melakukan remedial terhadapnya.

5. Menganalisis Hasil Ulangan

Ini merupakan bagian dari kegiatan evaluasi. Menganalisis hasil ulangan adalah hal yang wajib dilakukan guru untuk menentukan nilai terhadap satu siswa.

Analisis hasil ulangan ini beragam, terkadang ada lembaga yang menerapkan ulangan di setiap bulanyna, ada juga yang disetiap semesternya.

6. Membuat Alat Peraga

Tidak perlu sesuatu yang mahal, alat peraga juga menjadi tugas guru. Buatlah alat peraga semampunya yang dapat meningkatkan minat belajar siswa itu sendiri.

Selain tugas dan fungsi, seorang guru juga diharuskan memperhatikan tentang hambatan atau tantangan guru di era milenial.

Ini sangat membantu dalam melaksanakan tugas mereka, agar dapat menyeimbangkan dengan maraknya dunia teknologi di era digital ini.

Demikian pembahasan tentang tugas pokok dan fungsi guru, semoga dapat membantu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *