Syukuran Khatam Iqro

syukuran khatam iqro

Syukuran Khatam Iqo – Kegiatan ini sudah menjadi tradisi di TK Syarif Ar-Rasyid Islamic School Medan. Setiap kali ada anak atau siswa yang sudah menamatkan bacaan iqro nya, maka kegiatan ini biasa dilakukan. Kegiatan ini tentunya memiliki tujuan dan manfaat tersendiri. Para wali siswapun turut bahagia dan bersemangat dalam menjalankan kegiatan ini.

Khatam Iqro

khatam iqro

Khatam Iqro disini maksudnya adalah bahwa perayaan atau memberikan semangat terhadap siswa bilamana siswa itu sudah menyelesaikan bacaannya di sekolah. Dengan diselesaikannya bacacan iqronya di sekolah, maka siswa itu perlu diberikan penghargaan akan keberhasilannya menyelesaikan bacaan iqro-nya itu. Adapun bentuk penghargaan itu bisa dilakukan semacam syukuran. Iqro itu sebanyak 6 level, atau orang biasa menyebutnya dengan iqro 1, iqro 2 dan seterusnya hingga iqro 6. Bila ia menyelesaikan hingga iqro 6, maka selesailah bacaan iqronya.

Tentang Syukuran Khatam Iqro

Penjelasan Tentang Syukuran Khatam Iqro

Syukuran itu merupakan suatu bentuk kebanggaan dan kebahagiaan terhadap suatu prestasi atau pencapaian, dan itu sesuatu yang wajar dan lumrah. Alangkah baiknya, bilamana kita berhasil mencapai sesuatu yang baik, dirasa cukup baik untuk diberikan semaca penghargaan atau syukuran atas keberhasilannya.

Manfaat Syukuran Khatam Iqro

Manfaat Syukuran Khatam Iqro itu tentu sangatlah banyak. Mungkin, bagi tiap-tiap orang memiliki pandangan tersendiri untuk mendeskripsikan tentang manfaat dari kegiatan syukuran yang dilakukannya. Ada beberapa poin yang perlu digambarkan dalam manfaat syukuran khatam iqro, antara lain sebagai berikut:
  1. Meningkatkan rasa syukur terhadap Allah SWT
  2. Meningkatkan semangat para siswa untuk membaca Alquran
  3. Meningkatkan kemauan dan semangat siswa lainnya dalam bacaan iqronya.
Dari beberapa poin di atas, paling tidak sudah mewakili pandangan umum tentang manfaat syukuran khatam iqro yang dimaksudkan disini.

Demikian artikel tentang Syukuran Khatam Iqro ini, semoga dapat bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *