Syarif Ar-Rasyid Terapkan Permainan Balok Untuk Anak TK

Gambar untuk Syarif Ar-Rasyid Terapkan Permainan Balok Untuk Anak TK
Syarif Ar-Rasyid Terapkan Permainan Balok Untuk Anak TK

Permainan balok merupakan permainan membentuk balok yang diterapkan untuk anak TK. Dalam konteks pendidikan, permainan balok ini sangat bernilai edukatif. Dimana, dalam kegiatan permainan balok untuk anak TK ini, para peserta didik diminta untuk melakukan sebagian dari apa yang dilakukan peneliti. Dikatakan demikian, karena dalam kegiatan permainan balok ini, para peserta didik itu tentunya akan membayangkan, akan membandingkan, dan akan mempraktikkan.

Permainan Balok Untuk Anak TK

Permainan Balok Untuk Anak TK memiliki manfaat tersendiri. Selain dari apa yang dipaparkan di atas, manfaat lainnya yang didapatkan adalah bagi guru, yakni guru akan lebih mudah melihat hasil kerja siswa dan melakukan evaluasi. Permainan ini sering dikaitkan dengan proses belajar motorik kasar. Jadi, pada bagian ini, guru akan lebih mudah untuk melakukan evaluasi terhadap kemampuan siswa.
Selain memiliki kelebihan, Permainan Balok Untuk Anak TK ini juga memiliki kekurangan. Walau kekurangan tersebut tidak pada pembelajarannya, tetap saja nilai kekurangan atas Permainan Balok Untuk Anak TK ini dikhawatirkan. Salah satu yang menjadi kekurangan dalam memainkannya yaitu peralatannya atau balok yang digunakan itu terlalu keras, sehingga dikhawatirkan akan mengganggu, terlebih lagi para anak usia TK ini belum begitu paham akan bahaya. Jangan sampia, balok itu menjadi permainan lempar-melempar. Tentu sangat berbahaya.
Mengingat beberapa permasalahan di atas, cukup untuk menghadirkan rasa khawatir, terutama bagi pendidik di kelas. Disini tentu diperlukan peranan aktif dari para pembimbing siswa atau para pendidik siswa di kelas, saat memainkan Permainan Balok Untuk Anak TK ini. Tentunya, dengan pengawasan khusus sangatlah diharapkan. Dengan pengawasan yang baik selama kegiatan Permainan Balok Untuk Anak TK ini, diharapkan akan terciptanya suasana yang kondusif saat kegiatan bermain balok.

Contoh Permainan Balok

Permainan balok untuk anak TK merupakan jenis permainan yang sering dilihat. Kebanyakan permainan jenis balok ini dimainkan di lembaga TK pada tingkatan yang lebih tingg. Jarang sekali permainan jenis ini dimainkan oleh peserta didik Play Group misalnya. Contoh permainan balok pun tidak sedikit tentunya. Banyak sekolah-sekolah yang memainkan permainan balok dan dapat dijadikan contoh permainan balok untuk lembaga yang ingin memainkannya.
Gambar Untuk Contoh Permainan Balok Untuk Anak TK
Contoh Permainan Balok Untuk Anak TK

Gambar di atas memberikan sedikit penjelasan tentang contoh permainan balok untuk anak TK. Dari gambar di atas, dapat dilihat bahwa permainan ini cukup menarik bila dimainkan lebih dari satu orang. Akan terlihat lebih baik bila dimainkan dalam berkelompok, masing-masing orang memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing. Contoh, satu orang yang bertugas untuk membuat semacam bangunan pekarangan masjid, kemudian yang lain bertugas untuk membuat bangunan masjid, kemudian yang lainnya lagi bertugas untuk membuat jalan menuju masjid, dan begitu seterusnya. Bila dilakukan secara berkelompok, guru akan lebih memiliki banyak kesempatan dalam melihat atau mengevaluasi perkembangan siswa, terlebih untuk fokus pada proses yang dijalankannya.

Langkah-Langkah Bermain Balok

Langkah-langkah bermain balok antara lain dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Guru menyiapkan permainan balok.
  2. Guru memandu siswa dan memberi tahukan kepada siswa tentang aturan main dalam permainan balok ini, termasuk tentang jenis bangunan apa yang akan dibuat oleh siswa.
  3. Guru membimbing siswa untuk melakukan doa bersama sebelum melakukan kegiatan bermain balok.
  4. Memberikan permainan kepada siswa dengan catatan yang terarah, artinya siswa itu diberikan tugas untuk membuat bangunan sesuai yang ditentukan oleh guru, seperti penjelasan pada poin satu.
  5. Selama permainan berlangsung, guru membuat catatan untuk melihat dan mencatat segala perkembangan yang terjadi, dan hal apa yang unik terjadi selama kegiatan permainanan balol ini.
  6. Setelah bangunan selesai dengan waktu yang telah ditentukan guru dalam poin satu, selanjutnya yaitu guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjelaskan tentang bangunan yang dibuat, atau guru dapat bertanya tentang bangunan yang dibuat oleh siswa. Dalam hal ini, lebih menekankan pada kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan hasil karyanya.
  7. Selesai dengan memandu siswa berdoa, dan mengumpulkan kembali permainan balok.
Ketujuh hal di atas, merupakan hal yang umum dilakukan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan permainan balok untuk anak TK ini. Adapun hal lainnya, disesuaikan dengan kondisi lembaga masing-masing.

Kelebihan dan Kekurangan Bermain Balok

Mengenai kelebihan dan kekurangan bermain balok, tentulah merupakan hal yang wajar. Disini, akan dipaparkan tentang kelebihan dalam bermain balok, antara lain sebagai berikut:

  1. Pembelajaran jauh dari rasa bosan.
  2. Pembelajaran menekankan pada prinsip Aktif, kreatif, dan inovatif.
  3. Mengembangkan kemampuan motorik siswa.
Selain berbicara mengenai kelebihan, tak baik nampaknya bila kita tidak berbicara tentang persoalan kekurangan dalam permainan balok ini. Untuk itu, berikut ini dibuatkan poin-poin tentang kekurangan dalam bermain balok untuk anak TK, antara lain sebagai berikut:
  1. Balok bersifat kayu, diperlukan perhatian khusus bagi pembimbing dalam memainkan permainan balok ini. Terlebih permainan ini dimainkan dalam ruang kelas jenjang pendidikan TK yang notabene nya anak di usia 4-6 tahun.
  2. Membutuhkan waktu yang cukup, untuk mengumpulkan kembali balok yang ada. Adapun hal ini bersifat fleksibel.
Dari beberapa kekurangan yang dipaparkan di atas, dapatlah dipahami dan diambil kesimpulan bahwa walaupun terdapat kekurangan dalam permainan balok ini, bukan berarti kekurangan itu membuat permainan balok ini tidak layak dimainkan dalam pendidikan jenjang TK. Adapun kekurangan yang terlihat di atas, merupakan kekurangan yang bersifat tidak pasti, maksudnya adalah bahwa kekurangan itu tidak begitu parah, sehingga membuat permainan jenis ini tak layak untuk dimainkan anak TK.
Bila membandingkan antara kelebihan dan kekurangan bermain balok, dapatlah diambil kesimpulan umum bahwa kelebihan dalam bermain balok ini, dinilai cukup edukatif. Diantaranya, mampu meningkatkan kemampuan atau kreatifitas siswa, sifat aktif siswa di kelas, inovasi siswa, dan masih banyak lagi. Sementara, bila dilihat kekurangannya, hanyalah sebatas dan bersifat fleksibel. Dengan demikian, kekurangan yang ada pada permainan ini tidak membuat permainan ini tak layak untuk dimainkan, justru permainan ini dinilai baik bilamana dimainkan atau digunakan dalam meningkatkan nilai keaktifan siswa di kelas, ke-kreatifitas-an siswa, inovasi siswa, terkhusus dalam mengembangkan motorik siswa.
Gambar Untuk Kelebihan dan Kekurangan Bermain Balok
Kelebihan dan Kekurangan Bermain Balok
Syarif Ar-Rasyid menerapkan permainan balok untuk Anak TK ini telah dilangsungkan sejak sekolah ini dibentuk. Permainan ini menjadi salah satu ciri dari sekolah Syarif Ar-Rasyid. Hingga kini, permainan ini masih sangat diharapkan kehadirannya di sekolah. Para peserta didik begitu menikmati permainan balok untuk anak TK ini.

Satu pemikiran pada “Syarif Ar-Rasyid Terapkan Permainan Balok Untuk Anak TK”

Tinggalkan komentar