Pengertian Sekolah Islam Terpadu

pengertian sekolah islam terpadu

Sekolah Islam Terpadu, merupakan nama yang belakangan ini dinilai populer. Namanya Islam Terpadu kini mulai bertebaran di lembaga penyelenggara pendidikan, mulai dari daerah perkotaan, hingga pada daerah pedesaan. Sekolah Islam Terpadu kini mulai meroket namanya. Namun, pada segelintir orang ataupun katakanlah masyarakat, belum begitu mengeri akan apa yang dimaksud dengan sekolah Islam Terpadu itu. Pertanyaan mendasar itu jarang sekali terdengar dikalangan masyarakat, termasuk orangtua para peserta didik sendiri. Nama Islam Terpadu menjadi trend tersendiri dalam bidang pendidikan. Kebanyakan para orangtua memilih memasukkan anaknya ke sekolah yang berlabel Islam Terpadu. Lantas, apakah pengertian sekolah Islam Terpadu itu? Berikut penjelasannya.

Pengertian Sekolah Islam Terpadu

Sekolah Islam Terpadu merupakan sekola yang berlandaskan nilai-nilai ke-Islaman dalam kegiatan belajar mengajarnya. Artinya, ada integrasi nilai ke-Islaman disini. Dimana, maksudnya kegiatan belajar itu dibarengi atau dilandasi dengan sumber Islam. Misalnya begini, pada pembelajaran IPA, untuk materi penciptaan manusia, secara teoritis para peserta didik akan mempelajari tentang teori dalam buku secara umum. Namun, dalam sekolah Islam Terpadu itu, walau tetap mengikuti pelajaran yang ada secara umum, kelebihannya adalah memasukkan nilai-nilai Islam dalam pembelajaran tersebut. Misalnya, memasukkan dalil-dalil yang berkaitan tentang materi yang disajikan waktu itu. Nah disini tentu diperlukan keilmuan dan wawasan yang luas dari para pendidik yang mengajar di sekolah Islam Terpadu.

Berkaitan dengan hal di atas, dijelaskan dalam Situs Resmi JSIT Indonesia yang menerangkan bahwa sekolah Islam Terpadu merupaan sekolah yang mengimplementasikan pendidikan Islam berdasarkan Alquran dan Hadis (Website JSIT Indonesia, diakses pada 3 April 2019).

Berdasarkan penjelasan di atas, dapatlah disimpulkan bahwa sekolah Islam Terpadu itu adalah sekolah atau lembaga pendidikan dengan membelajarkan peserta didik dalam hal pendidikan Islam dengan konsep dan lansadan Alquran dan Hadis.

Satu pemikiran pada “Pengertian Sekolah Islam Terpadu”

Tinggalkan komentar