Pengertian Pendidikan Agama Islam

Pendidikan Agama Islam merupakan bagian yang sebenarnya umum, tetapi perlu untuk dipelajari.

Banyak orang yang belum mengerti akan hal ini.

Umumnya, dalam defenisi secara luas, hal ini terkesan mudah untuk dimengerti dari kosa kata yang ada.

Tetapi, hal ini memerlukan kajian teoritis yang dapat dipertanggung jawabkan.

Maka dari itu, disini akan dibahas tentang apa itu pendidikan agama Islam.

Mari ikuti penjelasan berikut ini untuk mengetahui lebih dalam tentangnya.

Pengertian Pendidikan Agama Islam

Secara umum, pendidikan Agama Islam terkadang disebut sebagai pendidikan Islam.

Sebenarnya, kedua term ini sama saja (serupa).

Kadang kala, kata pendidikan Islam itu digunakan akan lebih sederhana, dan sebaliknya.

Namun, bukanlah itu yang menjadi persoalan pada penjelasan kali ini.

Mari kita mengganggap kedua term ini serupa, agar lebih memudahkan dalam penyampaian.

Pendidikan Agama Islam sejak dulu hingga saat ini tetap eksis menjadi sebuah bidang studi.

Benar bahwa pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan sebuah bidang studi yang berdiri sendiri dengan menekankan pada nilai-nilai ke-Islaman dalam pembelajarannya.

Biasanya, dalam mata pelajaran, pendidikan Agama Islam ini disingkat menjadi PAI.

PAI, merupakan perpaduan antara kajian Islam yang mencakup Fiqih, Aqidah Akhlak, Bahasa Arab, Alquran Hadis dan Sejarah Islam.

Keseluruhan komponen itu, merupakan komponen yang termaktub dalam bahasan Pendidikan Islam (PAI).

Ketika mempelajari bidang studi PAI, maka keseluruhan komponen itu akan menjadi sub pembahasan di dalamnya.

Di Indonesia, PAI akan ditemui dalam lembaga umum. Sedangkan untuk lembaga Islam seperti madrasah, akan ditemui sub bagian seperti komponen yang dijelaskan sebelumnya (Fiqih, Aqidah Akhlak, Bahasa Arab, Alquran Hadis dan Sejarah Islam).

Pendidikan agama Islam merupakan bagian terpenting dalam kehidupan manusia.

Oleh sebab itu, pendidikan agama Islam merupakan mata pelajaran yang selayaknyalah dimuat dalam suatu kurikulum pendidikan, terlebih pada kurikulum pendidikan Islam.

Belakangan ini, banyak sekali sekolah dengan basis Islam berdiri, baik itu di sekitar daerah perkotaan, hingga daerah pedesaan. Keadaan ini dinilai cukup baik, karena akan membantu dalam rangka pemerataan pendidikan agama.

Tentu, dalam konteks keagamaan, kita berharap segala pendidikan memiliki sudut pandang yang sama dalam hal ini, sehingga baik dari sekolah perkotaan, hingga daerah pedesaan memiliki kurikulum serupa untuk pendidikan agama Islam ini.

Jadinya nanti anak-anak muslim di seluruh negeri memiliki konsep pemikiran yang salam dalam pengetahuan Islam. Pendidikan agama Islam itu sendiri berpengertian sebagai berikut:

Ramayulis mengatakan bahwa terdapat beberapa term yang digunakan dalam pendidikan Islam, diantaranya yaitu Al-Tarbiyah, at-Ta’lim dan at-Ta’dib. Ketiga term tersebut pada penulisannya berbeda, namun secara umum keseluruhannya itu memiliki kesamaan makna.((Ramayulis, 2009. Filsafat Pendidikan Islam. hal. 84))

Dari pengertian di atas, maka dapatlah dilihat bahwa kata tarbiyan, ta’lim dan ta’dib merupakan satu makna yang sama bila dilihat secara umum.

Oleh sebab itu, sampai disini tidak terlalu dibahas secara khusus tentang ketiga term di atas.

Lebih lanjut lagi, ada satu anggapan yang memberi pengertian akan pengertian pendidikan Islam itu sendiri, diantaranya yaitu menurut Asy-Syaibani yang dimuat dalam Ramayulis((Ramayulis, 2009. Filsafat Pendidikan Islam. hal. 88)), yang memberi pengertian bahwa Pendidikan Islam merupakan proses mengubah atau perubahan tingkah laku manusia untuk kehidupan pribadinya, untuk kehidupan kemasyarakatannya, dan untuk kehidupan di alam sekitarnya. Adapun proses perubahan tingkah laku di atas dilakukan melalui pendidikan dan pengajaran.

Dari pengertian di atas, dapatlah diambil kesimpulan bahwa pendidikan Agama Islam itu merupakan suatu pembelajaran melalui proses pendidikan dalam upaya merubah tingkah laku manusia dari yang tidak tahu menjadi lebih tahu dalam kehidupan pribadinya, kehidupan bermasyarakatnya, dan kehidupan alam sekitarnya.

Bila berpengertian seperti apa yang disimpulkan di atas, maka pendidikan Islam itu sendiri merupakan suatu bagian yang terpenting dalam kehidupan manusia. Sebab pendidikan Agama Islam itu membelajarkan siswa akan kehidupannya dalam berbagai aspek.

Banyak hal yang akan menjadi pembahasan dalam kajian pendidikan Islam ini, diantaranya akan membahas tentang sejarah pendidikan Islam, kemudian tujuan pendidikan pendidikan agama Islam, kemudian manfaat pendidikan agama Islam, dan lain sebagainya.

Manfaat Pendidikan Agama Islam


Tidak ada bidang studi pembelajaran tertentu yang tidak memiliki manfaat (kecuali ilmu hitam).

Seluruh bidang studi yang dipelajari di sekolah (bidang studi) tentu saja memiliki manfaat masing-masing.

Sama hal nya dengan PAI, tentu saja memiliki manfaat tersendiri.

Ada beberapa manfaat PAI yang akan dituliskan pada bagian ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *