konsep-dasar-guru

Konsep Dasar Guru di Indonesia

Guru merupakan sosok yang tidak tergantikan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Begitu istilah yang pantas untuknya dikarenakan fungsinya yang sangat kuat dalam pendidikan.

Sebelum terlalu jauh melangkah, maka dirasa penting untuk mengetahui tentang konsep dasar guru itu sendiri. Di bawah ini, terdapat beberapa bagian yang mungkin dapat membantu hal itu.

  1. Pengertian Guru
  2. Tujuan Hadirnya Guru
  3. Tugas Pokok dan Fungsi Guru
  4. Kompetensi Guru
  1. Dasar Hukum Guru
  2. Guru dalam Pandangan Islam
  3. Tantangan dan Hambatan Guru

Mengapa Perlu Guru?

Pertanyaan yang sangatlah dasar, namun sebagian kita nampaknya membutuhkan suatu jawaban atas hal ini. Terkadang, kita melalaikan akan hal yang paling dasar bagi guru.

Untuk menjawab pertanyaan ini, nampaknya cukup sederhana. Benar bahwa guru itu adalah sosok yang penting, dan tanpanya pendidikan tidak akan terjadi.

Guru adalah sosok yang memberikan ilmu yang dimilikinya kepada para peserta didiknya. Logikanya, bagaimana pendidikan itu dapat dikatakan sebuah wadah belajar, bila tidak ada guru di dalamnya?

Guru tentunya hadir untuk merubah kualitas manusia, atau bahkan menciptakan manusia yang berkualitas. Informasi berikut ini, nampaknya dapat dijadikan dasar bahwa guru adalah sosok yang penting.

guru-di-indonesia-dianiaya

Gambar di atas, dikutip dari halaman berita online Kompas.com yang memberitakan tentang kekerasan terhadap guru yang dilakukan oleh siswa Sekolah Dasar (SD).

Melalui berita ini, apakah yang perlu dilakukan terhadap guru dan siswa? Apakah sisi siswa yang salah, atau justru sang guru yang salah?

Tetapi, mengikut pada semboyan kuno, yang mengatakan bahwa guru adalah sosok yang digugu dan ditiru, kini sudah sirna. Guru kini tidak lagi berharga bagi para peserta didik mereka. Ini menjadi suatu ke khawatiran tersendiri untuk kualitas manusia di masa mendatang.

Selain hal di atas, terlihat bahwa sudah cukup banyak kasus kekerasan terhadap guru. Ini terlepas dari apakah kekerasan itu berasal dari peserta didik, atau berasal dari orangtua siswa itu sendiri. Ini juga merupakan fenomena yang belakangan ini marak, dan seharusnya tidak terjadi.

Oleh karenanya, pentingnya konsep dasar guru adalah langkah awal untuk mengetahui tentang siapa itu guru, dan bagaimana ia menjalankan profesinya.

Menciptakan Pendidikan Berkualitas

Tidak ada suatu hal pun yang memastikan akan terciptanya pendidikan yang berkualitas. Bila hal itu ada, maka tidak akan ada penyelenggaraan pendidikan yang terhambat. Tetapi, ada upaya disana. Ada perencanaan yang matang, yang membuat kesimpulan untuk memungkinkan terciptanya pendidikan yang berkualitas.

Kaitannya dengan guru adalah bahwa, dalam mengupayakan terciptanya pendidikan yang berkualitas juga mengacu pada pembentukan guru yang berkualitas pula.

Untuk menciptakan hal itu, para calon guru tentu saja harus diberikan pembelakan terhadap profesi guru itu. Sisi konsep dasar guru, adalah bagian terpenting sebagai landasan untuk mempelajari tentang profesi guru.

Guru yang berkualitas, setidaknya membuka peluang terciptanya pendidikan yang berkualitas pula.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *