Diklat PAUD: Ciptakan Tenaga Guru PAUD Berkompeten

diklat paud

Diklat PAUD belakangan ini mulai benar-benar di jalankan. Harapan yang nyata adalah bahwa dengan adanya diklat ini, tenaga guru PAUD akan lebih membaik kualitasnya dalam mengajar. Dilkah PAUD juga diprioritaskan untuk tenaga pendidik PAUD agar nantinya memberikan nilai kredit bagi para peserta diklat.

Kategori Diklat PAUD

Diklat PAUD disini juga memiliki kategori atau tingkatan tersendiri. Adapun tingkatannya itu antara lain tingkat dasar, tingkat menengah, dan tingkat lanjut. Ketiganya itu adalah tingkatan atau jenjang yang seharusnya dilaksanakan atau dijalankan oleh para pendidik PAUD. Dengan ikut serta dalam kegiatan itu, guru PAUD itu diharapkan akan membaik kualitasnya dalam mengajar.
Guru PAUD memang sejatinya bertugas mengajar. Namun, tidak hanya sebatas itu. Guru juga dituntut harus belajar. Dalam mengikuti kegiatan diklat PAUD ini, guru itu akan belajar. Kegiatan di diklat PAUD ini adalah kegiatan belajar bagi seorang guru yang kemudian nantinya akan diaplikasikan kepada peserta didiknya di lembaga masing-masing.

Diklat Tingkat Dasar

Diklat tingkat dasar disini maksudnya adalah kegiatan diklat PAUD yang paling dasar, yaitu bagi guru yang belum pernah sama sekali mengikuti kegiatan diklat PAUD. Bila guru itu sudah pernah mengikuti kegiatan diklat PAUD dasar, maka tentulah ia tidak perlu untuk mengikutinya kembali, melainkan ia harus mengikuti kegiatan diklat PAUD pada tingkatan yang lebih tinggi lagi.
Diklat PAUD tingkat dasar ini dalam aplikasi kegiatannya itu cenderung komplit. Mulai dari penyajian berbagai materi menarik dari para pakar pendidikan PAUD, kemudian menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dengan berkelompok, hingga pada microteaching atau praktik mengajar di kelas. Jadi, tentulah kegiatan ini sangat baik untuk diikuti oleh para guru lembaga PAUD.

Syarat Mengikuti Diklat PAUD

Syarat merupakan hal yang wajib dipenuhi. Untuk dapat mengikuti diklat PAUD, tentu haruslah melengkapi apa yang menjadi persyaratan dari diklat PAUD itu sendiri. Adapun yang menjadi syarat dalam mengikuti diklat PAUD ini antara lain sebagai berikut:

  1. Merupakan pendidik yang sedang mengajar dalam lembaga jenjang PAUD.
  2. Terdaftar pada data pokok pendidikan PAUD (dapodik PAUD)
Kedua persyaratan di atas merupakan syarat umum dalam mengikuti kegiatan diklat PAUD ini. Untuk syarat khusus, penulis sendiri belum mendapatkan informasi terkait hal itu. Dari beberapa syarat di atas, yang bisa dibahas adalah pada poin ke 2, yaitu tentang pendidik yang terdaftar di dapodik. Pendidik yang terdaftar di dapodik sudah tentu namanya juga terdaftar pada kementerian pendidikan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kegiatan Diklat PAUD ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan kemendikbud melalui dinas pendidikan. Maka, para pesertanya pun tentulah yang terdaftar dalam database kemendikbud itu sendiri, yaitu melalui data dapodik yang ada disekolah masing-masing.
Bagi para pendidik yang belum terdaftarn di dapodik lembaganya, sebaiknya mendaftarkan segera agar dapat mengikuti kegiatan ini. Dengan terdaftar di dapodik, tidak hanya kegiatan ini saja yang dapat diikuti, melainkan masih banyak hal lain yang dapat diikuti dan dirasakan manfaatnya. Seperti mendapatkan berbagai bantuan untuk guru, dan lain sebagainya yang tidak bisa dibahas dalam kesempatan ini.

Manfaat Kegiatan Diklat PAUD

Diklat PAUD itu merupakan ajang membentuk karakter guru pembelajar. Tentu, kegiatan yang ada di dalam diklat ini merupakan kegiatan belajar kembali bagi seornag guru agar membaik pribadi dan kegiatan mengajarnya di lembaga masing-masing. Tentu, dengan deskripsi di atas, maka dapatlah dilihat bahwa banyak manfaat yang terlahir dari kegaiatan ini, antaralain sebagai berikut:
  1. Menambah wawasan bagi seorang guru
  2. Menambah ilmu baru bagi seorang guru
  3. Menambah pergaulan bagi seorang guru
  4. Mengetahui kemampuan diri seorang guru sehingga merencanakan pengembangan pada hari lebih lanjut
Dari keempat manfaat di atas, maka dapatlah ditarik kesimpulan bahwa kegiatan diklat paud ini mampu mengubah kehidupan seorang guru. Guru itu, bilamana hanya menjalankan tugasnya di sekolah saja tanpa membangun hubungan ke luar sekolah, tentu tidak akan bertambah ilmunya. Sebab, menambah teman akan membuka cakrawala baru dan menambah ilmu baru. Kegiatan diklat PAUD ini adalah salah satu cara yang harus ditempuh dalam mencapai hal itu.
Guru akan membaik kualitas mengajarnya, karena manfaat dari kegiatan diklat PAUD ini. Banyak pelajaran yang akan diambil dari kegiatan ini, salah satunya yaitu tentang kualitas mengajar guru di kelas. Bila tidak ada orang yang akan mengontrol guru di sekolah, tentu guru itu akan merasa puas dengan apa yang dikerjakannya di kelas. Padahal, yang dilakukannya di kelas itu belum seperti apa yang diharapkan. Hal itu menjadi lumrah. Maka oleh sebab itu, dengan mengikuti kegiatan diklat PAUD ini, guru itu akan lebih mudah dan lebih terbantu dalam evaluasi diri tentang cara mengajarnya di kelas.
Terlebih lagi pada aspek keilmuan guru. Di awal dan diakhir kegiatan diklat PAUD ini, guru itu akan dihadapkan dengan yang namanya post test. Maksudnya adalah semacam ujian untuk mengetahui kemampuan guru baik sebelum diberikan materi diklat, hingga pada setelah diberikan materi diklat. Oleh sebab itu kegiatan diklat ini menjadi begitu penting.

Tinggalkan komentar