Cara Membeli Domain di Blogger

Cara Membeli Domain di Blogger

Cara Membeli Domain di Blogger – Membeli domain merupakan bagian hal yang dirasa penting untuk sebuah blog. Ini akan membantu eksistensi blog anda kedepannya. Tanpa membeli domain, maka eksistenti blog anda kedepannya tidak begitu membaik. Begitu sebaliknya, blog anda akan lebih dipercaya ketika anda mengganti domain menjadi TLD.

Penjelasan Tentang Domain

Domain itu merupakan sesuatu yang melekat pada alamat yang anda berikan. Domain itu tidak bisa dipilih sembarangan, melainkan ada beberapa macam domain yang diharuskan untuk dipilih. Domain itu sendiri, sudah terdaftar dalam ICAN. Jadi, jangan berpikir bahwa domain itu adalah hal yang dapat dibuat secara bebas.

Domain, sudah banyak bertebaran di beberapa penyedia layanan pembelian domain. Penyedia layanan domain sendiripun sudah mempublikasikan berbagai macam model nama domain yang dapat digunakan untuk para penggunanya. Jadi, anda hanya tinggal memilih saja untuk domain yang dingin anda custom ke blog anda.

Domain dan Blog Adalah Bagian Yang Terpisah

Satu hal yang perlu dimengerti, bahwa domain mempunyai tubuh yang berbeda dengan blog. Begini maksudnya, anda mempunya blog, yang harus anda daftarkan terlebih dahulu pada penyedia hosting. Bila ingin tahu tentang hosting itu apa, cek disini. Setelah anda mendaftarkannya, anda akan mendapatkan atau didaftarkan dengan menggunakan subdomain dari penyedia hosting yang anda gunakan. Sebut saja disini anda menggunakan platform Blogger. Maka, ketika anda mendaftar, anda akan mendapatkan URL blog anda dengan ekstensi subdomain (namabloganda.blogspot.com).

Blog berbeda dengan domain. Namun, perbedaan tersebut tetap membuat keduanya saling ketergantungan. Banyak artikel yang membahas ini dengan menganalogikan bahwa blog itu adalah rumah, sementara domain itu adalah jalan. Artinya, melalui domainlah maka blog anda dapat diakses. Secara umum, begitulah adanya tentang domain dan blog. Jadi, ini merupakan hal yang berbeda.

Berpihdah Ke Blog Lain

Disini letak perbedaan blog dan domain. Domain yang anda daftarkan itu, dapat anda pindahkan secara suka-suka dengan blog anda yang lain yang anda inginkan. Tentu, ini dimaksudkan untuk menjawab penjelasan sebelumnya tentang blog dan domain adalah bagian yang terpisah secara wujud, namun ketergantungan dalam sistem.

Cara Membeli Domain di Blogger

Pada umumnya, cara membeli domain di blogger itu sama. Ini merupakan hal yang umum. Terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui. Yang menjadi catatan penting adalah bahwa dalam membeli domain di salah satu penyedia layanan domain, anda harus melakukan pendaftaran dan melakukan pembayaran. Berikut adalah cara yang dilakukan untuk membeli domain di blogger.

Kunjungi Situs Penyedia Layanan

Anda harus masuk ke situs penyedia layanan pembelian domain. Untuk kesempatan ini, saya memberikan contoh yaitu masuk ke website resmi rumahweb.

Pilih Nama Blog

Anda diharuskan untuk memilih nama blog dengan memasukkan ke kolom yang disediakan. Silahkan anda masukkan, lalu kemudian anda pilih search. Lihat gambar:
cara membeli domain di blogger

Pilih Domain

Setelah anda memasukkan nama Domain yang anda inginkan, anda akan diberikan beberapa pilihan ekstensi domain yang masih tersedia. Pada gambar di bawah ini, merupakan hasil dari pencarian nama domain blog. Terdapat beberapa kolom berwarna merah yang menandakan bahwa nama domain itu sudah digunakan oleh orang lain. Anda hanya bisa memilih nama domain yang masih tersedia. Tentu, memilih nama domain itu tidaklah sembarangan. Silahkan lihat Tips Memilih Nama Domain sebagai pedoman anda dalam memilih nama blog.
cara membeli domain di blogger 1

Pilih Privacy Protection

Dengan mencentang bagian ini, anda akan meminta agar privacy domain anda itu terjaga. Sepanjang pengamatan, rumahweb sendiri menyediakan layanan ini sebagai layanan paling murah bila dibandingkan dengan penyedia lainnya. rumahweb sendiri memberikan harga yang cukup murah, hanya Rp. 10.000 untuk tiap tahunnya. Ini berbanding 2 kali lipat dari penyedia lainnya.

Setelah itu, anda scrool ke bawah, dan anda akan menemui bagian ke dua, yaitu tentang pilihan membeli hosting atau membeli domain saja. Lihat gambar di bawah:

cara membeli domain di blogger 2

Karena anda hanya membutuhkan atau ingin membeli domain saja, maka pilih beli domain saja. Maka selanjutnya, anda akan digiring ke bagian bawah dan diminta untuk login ke akun personal anda di rumahweb.

Login Akun di Rumahweb

cara membeli domain di blogger 3

Anda harus login untuk dapat membeli domain disini. Jadi, bila anda belum memiliki akun, anda harus mendaftar terlebih dahulu. Terdapat beberapa fitur yang dapat anda gunakan, baik itu mendaftar melalui Google, Facebook, dan Twitter. Silahkan anda daftarkan dan masukkan identitas pribadi anda yang benar.

Saran !!
Sebagai saran, sebaiknya anda mendaftar melalui fitur login yang disediakan (bukan melalui facebook, twitter atau Google yang disediakan). Ini dimaksudkan agar bilamana anda ingin melakukan login di halaman ini, maka tidak terjadi hambaran atau halangan.

Penulis sendiri pernah mengalami kesulitan untuk login di halaman ini. Hal itu terjadi disebabkan karena penulis mendaftarkan diri dengan melalui gmail. Walau pada akhirnya setelah menunggu beberapa hari baru bisa, tetap saja hal ini dirasa cukup mengganggu.

Pilih Metode Pembayaran

cara membeli domain di blogger 4

Anda dapat memilih metode pembayaran yang disediakan. Rumahweb dirasa cukup merakyat dengan layanan pembayaran ini. Dikatakan demikian, karena rumahweb disini menyediakan fitur pembayaran melalui supermarket yang familiar dan saya pikir ada di setiap kota. Jadi, walau tanpa harus ke bank, anda dapat membayarkan pembelian domain ini. Untuk itu, metode pembayaran yang disediakan rumahweb sendiri dinilai cukup efektif.

Membeli domain di blogger pada dasarnya merupakan pilihan bagi setiap pengguna blogger. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan bagi anda untuk mengubah nama domain blog anda. Cara membeli domain di blogger yang dijelaskan disini bisa saja berbeda bilamana anda melakukan pembelian pada penyedia layanan domain lainnya. Namun, secara umum, hal yang dilakukan tetap sama.

Untuk mengubah nama domain, anda tidak hanya sebatas melakukan kegiatan yang dijelaskan disini saja, melainkan ada beberapa tindakan lain yang harus anda lakukan setelah ini, diantaranya yaitu mengaktifkan domain yang sudah dibeli, mengaitkannya ke blogger, lalu kemudian setting blogger agar connect dengan domain yang sudah di beli.

Tinggalkan komentar