Cara Sinkron SINTA ke SISTER

Bila Anda sedang ingin mengetahui cara sinkron SINTA ke SISTER, Anda berada di halaman yang tepat. Pelajari langkah demi langkah disini.
Reza Noprial Lubis

Salah satu fitur SISTER adalah tersedianya Sinkron Data SINTA. Ini sangat berguna meringankan pekerjaan Anda sebagai pengguna, dimana tidak perlu lagi menambahkan publikasi karya secara manual. Cukup dengan menekan sebuah tombol, lalu SISTER akan bekerja dengan sendirinya untuk mengambil data publikasi dari SINTA.

Halaman ini, akan memandu Anda untuk mengetahui Cara Sinkron SINTA ke SISTER, dengan langkah demi langkah praktis. Mari kita teruskan.

Sinkronisasi SINTA ke SISTER

Dalam artikel ini, maksudnya adalah dimana SISTER memiliki sebuah fitur untuk menampilkan seluruh publikasi Karya. Meski dapat dilakukan penambahan secara manual, tetapi tersedia juga metode Sinkronisasi SINTA.

Sinkron SINTA maksudnya dimana SISTER akan mengambil data dari SINTA, lalu kemudian menampilkan data publikasi di SISTER.

Asal Data Publikasi Karya SISTER

Setiap data Publikasi Karya yang ditampilkan di SISTER dan bersumber dari SINTA, akan ditandai dalam kategori "Asal Data". Lantas, bagaimana menarik Data SINTA itu untuk ditampilkan di SISTER? Itulah yang akan dibahas pada bagian berikutnya. Mari kita teruskan.

Cara Sinkron SINTA ke SISTER

Untuk menampilkan publikasi di laman SISTER dengan mengambil data dari SINTA, ikuti langkah berikut ini:

  • Login di Akun SISTER
    Silahkan Login dengan akun Anda. Gunakan Username/ Email dan Password yang digunakan.
  • Pilih menu Penelitian Publikasi Karya
    Pada halaman Dashboard, pilih kelompok menu Penelitian, pilih menu Publikasi Karya. Disana, akan mengarahkan pengguna pada laman yang menampilkan seluruh hasil publikasi karya Anda. Disinilah tempat kita bekerja, untuk sinkronisasi SINTA ke SISTER.
  • Pilih Tarik Data
    Pada laman Publikasi Karya, pilih tombol Tarik Data SINTA. Aktivitas ini akan membuat perintah untuk mengambil Data SINTA.
    Tombol Tarik Data SINTA di SISTER
  • Tunggu Proses Sinkronisasi
    Sekarang, tunggu proses sinkronisasi berjalan dengan otomatis. Proses ini biasanya berlangsung cepat. Umumnya membutuhkan waktu 5 menit untuk mengambil data SINTA.
  • Perbaharui Hasil Sinkronisasi
    Ketika proses Sinkronisasi telah berhasil, periksa kembali data publikasi yang dihasilkan. Bilamana terdapat data yang tidak sesuai, Anda dapat memperbaharuinya.
    Dalam kondisi tertentu, SISTER dapat mendeteksi data atau informasi yang tidak lengkap dari hasil Sinkronisasi itu. Misalnya, waktu terbit naskah yang tidak tersedia saat ditampilkan di SISTER. Anda dapat memperbaharuinya.
Pastikan akun SINTA Anda memiliki artikel/ naskah terbitan. Karena apapun yang dihasilkan dari SINTA Anda, maka itulah yang akan ditampilkan pada laman SISTER. Anda dapat melakukan Update SINTA, untuk mengambil data terbaru di SINTA Anda.

Penutup

Anda hanya perlu menekan tombol Tarik Data SINTA untuk melakukan proses Sinkron SINTA ke SISTER. Dengannya, seluruh publikasi di SINTA akan ditampilkan pada laman Publikasi Karya Anda.

Proses sinkron ini membutuhkan waktu yang tergolong singkat. Hasil yang ditampilkan (didapatkan SISTER), mungkin membutuhkan pembaharuan. Jadi, pastikan Anda memperbaiki seluruh data yang ditemukan, dengan menyesuaikan anjuran dari SISTER.

Jika Anda memiliki pertanyaan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar.

Reza Noprial Lubis
Seorang praktisi pendidikan yang gemar menulis. Halaman blog ini, didedikasikan untuk memberikan nilai edukasi kepada setiap pengunjung tentang pendidikan Islam.
Comments