Cara Mengisi Rumpun Ilmu di SISTER

Bila Anda sedang mengisi rumpun Ilmu di SISTER, ikuti langkah-langkah di halaman ini. Semua penjelasan penting tentangnya akan ditemukan disini.
Reza Noprial Lubis

Seperti yang kita tahu, belakangan ini arahan untuk mengisi Rumpun Ilmu cukup ramai diperbincangkan. Setiap Dosen tentunya memiliki Bidang Ilmu, dan SISTER belakangan ini sedang berupaya untuk menghasilkan aplikasi yang informatif dan terintegrasi.

Halaman ini akan menjelaskan kepada Anda tentang bagaimana mengisi rumpun Ilmu di SISTER. Mari kita teruskan.

Tentang Rumpun Ilmu di SISTER

Rumpun ilmu adalah kumpulan pohon, cabang, dan ranting ilmu pengetahuan yang disusun secara sistematis. Adapun Bagan Rumpun Ilmu dapat dilihat disini:

Bagan Rumpun Ilmu

Dalam pengisian Rumpun Ilmu pada SISTER, bidang Rumpun Ilmu, Pohon Ilmu, merupakan bagian yang wajib diisi. Sedangkan bagian Cabang Ilmu merupakan bagian opsional.

Proses Pembaruan Rumpun Ilmu

Untuk pembaruan Rumpun Ilmu, proses ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Pengalaman Saya, usulan pembaruan data ini memakan waktu hingga 79 Hari. Tahapan yang akan dilewati, yakni Pengguna Pusat/ LLDIKTI Selesai.

Cara Mengisi Rumpun Ilmu di SISTER

Sekarang, kita akan memulai mengisi Rumpun Ilmu di SISTER. Ikuti langkah berikut ini:

  • Masuk ke Akun SISTER
    Silahkan masuk ke Laman SISTER, dengan username dan Password.
  • Pilih Perbarui Data pada bagian Rumpun Ilmu
    Pada kelompok Rumpun Ilmu, klik tombol Perbarui Data
  • Update Data Rumpun Ilmu
    Mengaculah pada Rumpun Ilmu yang telah ditetapkan oleh LLDIKTI. Kemudian, sesuaikan Rumpun Ilmu yang ada.
  • Kirimi Ajuan
    Setelah Rumpun Ilmu dipilih dengan benar, selanjutnya pilih Kirim Ajuan.

Tunggu Ajuan hingga benar-benar diverifikasi Pusat. Proses ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Pastikan memantau di waktu-waktu tertentu, untuk melihat status progres ajuan.

Pohon Rumpun Ilmu yang tersedia saat ini pada laman DIKTI, sedang dalam proses Finalisasi. Jadi, bagi Dosen Perguruan Tinggi Keagamaan, bila tidka menemukan Rumpun Ilmu yang sesuai, maka dapat memilih:

  • Rumpun Ilmu: Keagamaan
  • Pohon: Ilmu Keagamaan
  • Cabang: Keagamaan

Sumber: https://sister.kemdikbud.go.id/panduan/detail/31608506732057

Hasil Akhir

Proses Ajuan yang berhasil, akan ditandai sebagai "Disetujui" dalam Riwayat Ajuan. Selengkapnya, lihat tangkapan layar ini:

Proses Ajuan Rumpun Ilmu SISTER

Adapun perubahan atas rumpun ilmu, dapat dilakukan sewaktu-waktu, sesuai dengan rumpun Ilmu pengguna. Bilamana rumpun Ilmu belum ditemukan (masih menggunakan rumpun yang luas), dapat memperbaharui di masa mendatang.

Reza Noprial Lubis
Seorang praktisi pendidikan yang gemar menulis. Halaman blog ini, didedikasikan untuk memberikan nilai edukasi kepada setiap pengunjung tentang pendidikan Islam.
Comments