Cara Membuat Daftar Pustaka di Word Otomatis

Halaman ini akan menjelaskan tentang cara membuat daftar pustaka di Word otomatis. Jadi, ini menghemat waktu Anda. Mari kita pelajari langkahnya.
Reza Noprial Lubis

Bila Anda sedang menyusun naskah ilmiah berupa Skripsi, Tesis, Disertasi, atau makalah, Daftar Pustaka adalah hal yang tidak dapat ditinggalkan. Namun, banyak diantara mereka yang belum menerapkan model pengutipan itu secara otomatis (hanya dengan cara klasik/ manual). Itu tentunya membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Belum lagi, Anda harus memperhatikan semua kutipan dalam dokumen, satu per satu yang tentunya memakan banyak waktu. Bagaimana bila itu dilakukan secara otomatis, bahkan bila Anda menambah atau menghapus kutipan yang secara langsung mempengaruhi Daftar Pustaka Anda? Ini menghemat waktu yang banyak untuk setiap pekerjaan Anda bersama Microsoft Word.

Halaman ini, akan menjelaskan kepada Anda langkah demi langkah untuk menerapkan Daftar Pustaka secara otomatis di Microsoft Word. Mari kita pelajari.

Tentang Daftar Pustaka di Word Otomatis

Sebagai akademisi, mendengar istilah Daftar Pustaka tentunya bukan lagi sesuatu yang asing. Daftar Pustaka adalah penjelasan berupa daftar rujukan dari setiap kutipan yang digunakan dalam sebuah naskah (dokumen).1

Daftar Isi otomatis disini maksudnya adalah, Anda akan mendapatkan daftar kutipan dalam dokumen, dan ditampilkan secara otomatis dalam bagian Daftar Pustaka.

Menariknya, setiap perubahan terhadap kutipan yang digunakan, juga akan mengubah tampilan Daftar Pustaka yang ada.

Jadi, ini akan menghemat waktu bagi pengguna, terlebih lagi jika Anda sedang mengerjakan dokumen Makalah, Skripsi, Tesis, atau karya ilmiah lainnya yang umumnya memiliki lembaran yang banyak.

Sekarang, mari kita pelajari tentang cara membuat Daftar Pustaka di Word otomatis.

Cara Membuat Daftar Pustaka di Word Otomatis

Sekarang, kita akan mempelajari tentang cara membuat daftar pustaka otomatis di Word. Mari ikuti langkah ini:

Tambahkan Referensi/ Kutipan

Microsoft Word dibekali sebuah alat yang mana dapat mengumpulkan semua sumber kutipan, yang pada akhirnya ini akan ditampilkan dalam daftar pustaka. Untuk memulai, kita perlu menambahkan referensi terlebih dahulu. Ikuti langkah ini:

  • Aktifkan kursor tempat dimana akan menambahkan kutipan
  • Pergi ke Referensi
  • Pilih Sisipkan Kutipan Tambahkan Sumber Baru
  • Pilih jenis sumber kutipan yang ingin dibuat. Beberapa pilihan seperti Buku, Internet, Artikel Jurnal, dan lain sebagainya mempengaruhi tampilan formulir.
  • Isi formulir sebagai data. Isian yang ditandai sebagai kode Bintang Merah Kecil (*) merupakan isian wajib.

Dalam mengisi sumber kutipan, pastikan Anda mengisi dengan baik dan benar. Artinya, segala bentuk formulir yang diminta, sebaiknya diisi sesuai dengan referensinya. Hal ini berguna saat ia ditampilkan nantinya di Daftar Pustaka, seperti Pengarang, Judul, Tahun, URL (bila sumber internet), DOI (bila sumber Artikel Jurnal), dan segala yang menurut Anda perlu.

Kelola Sumber Kutipan

Sekarang, Anda sudah menambahkan kutipan dalam Sumber Data. Itu artinya, Dokumen Anda telah menyimpan Data kutipan (yang nantinya dapat digunakan untuk ditampilkan dalam bagian Daftar Pustaka).

Mengelola sumber kutipan, dapat dengan cara menambahkan kutipan baru, atau bahkan menghapus kutipan yang tidak terpakai. Anda dapat menemukannya pada Menu Referensi Kelola Sumber.

Kelola Sumber Referensi di Word

Anda dapat mengelola semua jenis kutipan yang sudah ditambahkan disini. Lihat gambar berikut:

Pengelolaan Sumber Kutipan di Word

Beberapa pengaturan yang mungkin sering Anda gunakan, seperti:

  • Salin: Berfungsi untuk menyalin kutipan yang terdaftar di Word Anda, dan menempatkannya di dokumen. Atau sebaliknya, membuat kutipan agar tidak ditampilkan dalam dokumen.
  • Hapus: Berguna untuk menghapus kutipan Anda
  • Edit: Berguna untuk melakukan perubahan pada sumber kutipan Anda
  • Baru: Berguna untuk menambah sumber kutipan baru dalam dokumen Anda.

Pada bagian akhir, Anda dapat melihat Preview dari masing-masing kutipan. Preview ini merupakan tampilan ketika ia ditampilkan dalam Daftar Pustaka.

Lihatlah pada kolom sebelah kanan dari tampilan. Ia memperlihatkan beragam kutipan yang Anda gunakan dalam dokumen itu. Kutipan yang memiliki icon Centang, merupakan kutipan yang digunakan dalam dokumen Anda. Sedang kutipan yang tidak memiliki Icon Centang, adalah kutipan yang sudah didaftarkan, tetapi tidak digunakan dalam dokumen yang sedang dikerjakan.

Setelah seluruh dokumen dirasa benar, sekarang saatnya kita menampilkannya sebagai Daftar Pustaka. Itulah yang akan dibahas pada langkah selanjutnya.

Menampilkan Daftar Pustaka

Untuk dapat menampilkan Daftar Pustaka Otomatis, mari ikuti panduan ini:

  • Aktifkan kursor tempat dimana halaman Daftar Pustaka Anda akan digunakan. Pastikan Anda memisahkan halaman tersebut dengan Section, agar ia berada pada lembaran/ halaman baru.
  • Pergi ke Referensi Bibliografi
  • Pilih jenis tampilan Bibliografi yang diinginkan:
    Jenis daftar pustaka di Microsoft Word
    Semua opsi yang ditampilkan memiliki Judul. Bila Anda menggunakan teks Judul yang disesuaikan, Anda dapat memilih opsi Sisipkan Bibliografi pada bagian akhir.

Anda akan melihat, bahwa seluruh dokumen yang terdaftar di Sumber Data, akan ditampilkan pada bagian Daftar Pustaka. Ini akan berlaku otomatis, untuk semua kutipan yang digunakan dalam dokumen Anda.

Bila Anda menghapus kutipan tertentu dalam dokumen, ia juga akan terhapus dari daftar pustaka, bila Anda melakukan Update terhadap Daftar Pustaka Anda.

Mari kita pelajari tentang cara memperbaharui Daftar Pustaka.

Memperbaharui Daftar Pustaka

Untuk memperbaharui Daftar Pustaka, Anda dapat meng-edit Sumber Kutipan yang ada. Silahkan lakukan pengeditan pada daftar pustaka yang ingin Anda perbaharui.

  • Pergi ke Referensi Kelola Sumber
  • Pilih kutipan yang ingin diperbaharui dengan klik pada bagian teks
  • Pilih menu Edit untuk melakukan perubahan. Lihat tangkapan layar ini:
    Edit Daftar Pustaka Otomatis di Word
    Lakukan perubahan pada setiap kutipan yang diinginkan. Isi dan perbaharui formulir yang ada saat melakukan pengeditan.

Setelah sumber kutipan diperbaharui, lakukan Update pada bagian Daftar Pustaka Anda, untuk memperbaharui.

Pada tampilan Daftar Pustaka Anda, Klik Kanan lalu pilih Perbaharui. Secara otomatis, tampilan daftar pustaka Anda akan diperbaharui.

Memperbaharui Daftar Pustaka Otomatis di Word

Sayangnya, hingga saat ini belum ditemukan panduan untuk secara otomatis menyesuaikan jenis Font dan Font Size khusus untuk Daftar Pustaka (Bibliografi). Jadi, Anda harus menyesuaikannya secara manual.

Referensi

1 Wikipedia (2024). Daftar Pustaka. Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas, https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_pustaka.

Reza Noprial Lubis
Seorang praktisi pendidikan yang gemar menulis. Halaman blog ini, didedikasikan untuk memberikan nilai edukasi kepada setiap pengunjung tentang pendidikan Islam.
Comments