Menggunakan Endnote di Word

Reza Noprial Lubis

End Note merupakan salah satu fitur dalam Microsoft Word yang berguna untuk membuat catatan akhir. Microsoft Word mendukung penggunaan End Note, dilengkapi dengan berbagai pengaturan.

Halaman ini adalah bagian dari Microsoft Word Akademik, yang akan lebih fokus mengulas tentang cara menggunakan Endnote di Microsoft Word. Mari kita pelajari.

Mengenal Endnote di Microsoft Word

Catatan akhir adalah referensi atau catatan yang ditempatkan di bagian akhir bab atau dokumen. Mereka berfungsi untuk menyimpan informasi yang dapat membantu pembaca memahami atau mengevaluasi konten teks utama, seperti sumber kutipan, komentar, atau penjelasan tambahan.

Cara Menggunakan Endnote di Word

  1. Tentukan Teks
    Pilih teks yang akan diberikan Catatan Akhir, dan aktifkan kursor di akhir kalimatnya.
  2. Beri penandaan dalam Teks
    Di dalam teks utama, tambahkan angka superskrip atau simbol untuk menandai referensi yang ingin Anda jelaskan lebih lanjut. Pilih menu Reference Insert Endnote
    Menu Insert Footnote
    Misalnya:
    "Menurut studi terbaru, penggunaan teknologi dalam pendidikan meningkat pesat.i"
    Anda juga dapat menggunakan Shortcut, dengan menekan tombol CTRL + ALT + D. (Pelajari Shortcut Microsoft Word)
  3. Tulis Catatan Akhir
    Di bagian akhir dokumen, tambahkan bagian khusus untuk catatan akhir. Anda dapat menjelaskan seperti Footnote dengan gaya APA Style, atau dengan Gaya pengutipan lainnya.

Sampai pada langkah di atas, proses pembuatan Endnote sudah berhasil dilakukan. Secara default, simbol Endnote yang digunakan yakni simbol angka romawi (i, ii, iii, iv, v, ...). Ini akan terus bertambah seiring bertambahnya jumlah Endnote yang digunakan.

Tampilan default lainnya, Endnote akan tertulis pada akhir dokumen (karena ini adalah catatan akhir). Meski demikian, Anda dapat mengatur posisi dari Endnote itu sendiri. Bisa digunakan pada akhir dokumen, atau membuatnya pada akhir dari setiap bagian (section).

Untuk dapat melakukan pengaturan untuk simbol dan posisi Endnote, dapat mengaturnya dalam menu pengaturan. Berada di menu Referensi, pilih icon kecil yang berada di pojok kanan bawah dari bagian Catatan kaki:

Menu pengaturan Endnote
  • Lokasi: Berguna untuk mengatur posisi Endnote, apakah diakhir dokumen atau di akhir bagian.
  • Format Angka: Berguna untuk mengatur jenis icon yang akan ditampilkan.

Tips Efektif Menggunakan Catatan Akhir

  • Konsistensi
    Pastikan penggunaan catatan akhir konsisten di seluruh dokumen. Gunakan format yang sama untuk semua referensi dan pastikan nomor atau simbol sesuai dengan yang ada dalam teks utama.
  • Kesederhanaan
    Jangan terlalu banyak menggunakan catatan akhir. Gunakan hanya ketika benar-benar diperlukan untuk memberikan referensi atau informasi tambahan yang penting.
  • Referensi yang Akurat
    Pastikan semua referensi yang disertakan dalam catatan akhir akurat dan dapat diandalkan. Periksa kembali setiap sumber untuk memastikan keabsahannya.

Penutup

Catatan akhir (endnote) adalah alat yang sangat berguna dalam penulisan akademik dan profesional, memungkinkan penulis untuk memberikan referensi dan informasi tambahan tanpa mengganggu alur baca teks utama. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, dengan penggunaan yang tepat dan konsisten, catatan akhir dapat meningkatkan kualitas dan kredibilitas dokumen Anda.

Dengan menjaga teks utama tetap bersih dan memberikan detail tambahan yang relevan, catatan akhir membantu pembaca memahami dan mengevaluasi konten dengan lebih baik.

Reza Noprial Lubis
Seorang praktisi pendidikan yang gemar menulis. Halaman blog ini, didedikasikan untuk memberikan nilai edukasi kepada setiap pengunjung tentang pendidikan Islam.
Comments